Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUAH YANG BAGUS UNTUK IBU HAMIL 2 BULAN

 

Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil 2 Bulan
Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Buah benar-benar baik untuk kehamilan. Nilai nutrisi yang ada pada buah-buahan terbagi dalam Vitamin, serat, dan asam folat.


Gizi vitamin seperti vitamin C baik untuk perubahan gigi dan tulang pada bayi, fiber menolong memudahkan sembelit selama saat kehamilan, dan asam folat untuk menahan cacat pada saraf bayi dan menolong dalam pembangunan darah.


Masuk bulan kedua kehamilan, perlu diingat gizi untuk perkembangan dan perubahan bayi. Karena, pada babak ini, janin telah alami perubahan yang cukup cepat daripada bulan awalnya. Adapun untuk memenuhi keperluan gizi itu disarankan untuk konsumsi buah-buahan, Bunda.


Berikut Sejumlah Buah-Buahan Yang Direferensikan:

1. Jeruk

Jeruk ialah sumber akan folat, vitamin C dan air. Jeruk benar-benar baik untuk jaga Bunda hamil masih tetap terhidrasi dan sehat.


Vitamin C bisa menolong menahan kerusakan sel dan menolong peresapan zat besi. Folat bisa menolong menahan cacat saraf, yang bisa mengakibatkan abnormalitas otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.


2. Pir

Pir memiliki kandungan banyak gizi seperti serat, kalium dan folat yang bagus untuk ibu hamil. Serat bisa memudahkan tanda-tanda sembelit. Kalium berguna untuk Kesehatan Jantung untuk ibu dan bayi, dan dapat menggairahkan pergantian sel.


3. Pisang

Pisang tinggi akan vitamin C, kalium, vitamin B-6 dan serat. Kandungan serat pisang yang tinggi bisa menolong menangani sembelit sepanjang kehamilan, dan vitamin B-6 yang bisa menolong memudahkan muntah dan mual di awal kehamilan.


4. Aprikot

Aprikot memiliki kandungan vitamin A, C dan E. Disamping itu buah ini banyak mengandung nutrisi seperti kalsium, beta karoten dan zat besi. Semua gizi ini bisa menolong perubahan dan perkembangan bayi. Mirip contoh, zat besi bisa menahan anemia dan kalsium menolong tulang dan gigi tumbuh kuat.


5. Apel

Apel memiliki kandungan gizi untuk menolong perkembangan janin, seperti vitamin A dan C, serat dan kalium.


Sebuah study mendapati jika makan apel saat hamil bisa kurangi peluang bayi terserang asma dan alergi.


6. Alpukat

Alpukat sumber gizi seperti vitamin C, E dan K, asam lemak tidak jemu dan serat. Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang sediakan energi dan menolong menahan cacat pada tabung saraf, tingkatkan beberapa sel yang bertanggungjawab untuk membuat kulit dan jaringan otak bayi yang berkembang.


Tulis Bunda, Ini 4 Gizi Penting untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Periode kehamilan sebagai periode yang membahagiakan sekalian mendebarkan untuk wanita, apa lagi saat baru pertama kalinya hamil. Masuk bulan ke-2 trimester pertama, ibu hamil harus jeli pilih konsumsi makanan yang hendak dimakan.

Selainnya untuk memenuhi keperluannya, gizi janin dalam kandungannya harus juga tercukupi keperluanya. Nach, beberapa konsumsi ini seharusnya dimakan ibu hamil dua bulan.


Mencuplik situs Mom Junction, berikut gizi yang dibutuhkan Bunda hamil dua bulan, yaitu:

A. Kalsium

Gizi ini penting untuk meningkatkan tulang, gigi, dan otot yang kuat pada janin. Ini penting untuk berfungsinya jantung dan saraf janin. Konsumsi itu bisa didapat dari susu, yogurt dan kacang-kacangan.


B. Asam folat

Asam folat penting untuk menahan cacat pada saraf pada bayi dan menolong dalam pembangunan darah. Asam folat dapat didapat dengan konsumsi alpukat, juice jeruk dan sayur hijau.


C. Protein

Protein penting untuk perubahan jaringan janin dan menolong dalam membenahi otot-otot payudara dan uterus. Makanan yang memiliki kandungan protein mencakup ikan, daging tanpa lemak dan telur.


D. Zat besi

Zat besi untuk menolong tingkatkan kandungan hemoglobin pada darah yang diperlukan oleh plasenta dan janin. Gizi itu didapat dari roti, sereal dan pasta.


Nach, Bunda selainnya gizi yang sudah disebut sebelumnya, mencuplik buku 'Menu Sehat Ibu Hamil' di tahun 2010, berikut salah satunya contoh resep makanan untuk ibu hamil dua bulan trimester pertama kali yang dapat Bunda kerjakan di dalam rumah.


Salad Campur Sauce Yogurt

Beberapa bahan:

60 gr (gr) daun selada, potongi

100 gram tomat, potong dadu

150 gram mangga muda, potong dadu

100 gram brokoli, potongi, rebus


Untuk sauce:

200 ml (ml) yogurt rasa jeruk (untuk

3 sdm (sdm) madu

2 sdm jeruk lemon


Langkah membuat:

1. Campur daun selada, tomat, mangga, dan brokoli.


2. Dinginkan seluruh bahan salad di kulkas sepanjang 1 jam. Campur seluruh bahan sauce, aduk sampai rata.


3. Tuangkan kombinasi sauce yogurt ke bahan salad, aduk sampai rata. Tuangkan salad ke pinggan sajian. Sajikan.


Catatan: tentukan sayur dan buah-buahan organik karena bebas dari endapan pestisida yang beresiko untuk kesehatan.


Bumil Harus Tahu, Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 2 Bulan

Keadaan janin yang berkembang dan ibu yang belum terlatih dengan keadaan kehamilan membuat trimester pertama jadi periode yang riskan masalah. Hingga, ibu perlu konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan dengan teratur, supaya kesehatannya dan janin dalam kandungannya dapat selalu terlindungi.


Ada banyak tipe gizi yang harus dimakan pada periode awalnya kehamilan ini. Ibu harusnya menghindar minuman atau makanan yang beresiko memunculkan masalah pada janin. Supaya lebih terang, berikut perincian tipe makanannya.


Makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan

Saat hamil dua bulan, ada banyak gizi yang perlu disanggupi keperluannya, seperti asam folat, zat besi, kalsium, protein, dan serat. Berikut tipe makanan yang dapat menolong penuhi keperluan ibu hamil supaya dia dan janinnya masih tetap sehat.


Pisang ialah opsi makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan

1. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya serat, hingga bagus untuk ibu hamil dua bulan. Serat akan menolong menahan konstipasi, sebuah keadaan yang kerap dirasakan selama saat kehamilan.


2. Bayam

Bayam dan sayur berdaun hijau yang lain sebagai sumber zat besi yang paling diperlukan untuk jaga saluran darah di badan ibu dan janin masih tetap lancar. Sepanjang jalani kehamilan, konsumsi zat besi mencukupi akan menolong ibu hadapi morning sickness yang umumnya sedang parah-parahnya.


3. Kol

Kol adalah sayur yang bisa jadi sumber kalsium alami. Di umur kehamilan dua bulan atau segera masuk 5 minggu, kalsium jadi mineral yang penting untuk disanggupi. Karena, proses pembangunan tulang janin mulai terjadi.


4. Jeruk

Ibu hamil dua bulan memang dianjurkan untuk konsumsi minimal sebuah sitrus, seperti jeruk, lemon, atau grapefruit sehari-harinya. Kandungan vitamin C yang berada di dalam buah ini benar-benar bermanfaat untuk jaga ketahanan badan ibu supaya tidak gampang sakit.


5. Telur

Telur dapat dibuat jadi bermacam makanan yang sehat untuk ibu hamil dua bulan. Selainnya banyak protein, telur memiliki kandungan asam folat yang paling diperlukan untuk perubahan janin yang sehat.


6. Ayam

Ayam memiliki kandungan protein, zat besi, dan zinc. Hingga, sepanjang diproses secara sehat, sumber protein hewani ini dapat menolong perkuat kandungan, bukan hanya di trimester pertama, tetapi hinga umur kehamilan seterusnya.


Ikan makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan


7. Ikan

Sumber protein hewani lain yang bagus untuk ibu hamil dua bulan ialah ikan. Tetapi ingat, seharusnya ibu hamil batasi konsumsi ikan yang dicemaskan banyak terkandung merkuri.


Ikan air tawar sebagai alternative yang dipandang bagus untuk ibu hamil. Yakinkan untuk konsumsi ikan yang telah diolah sampai masak, karena ikan mentah beresiko memunculkan masalah pada janin dan ibu hamil.


8. Wortel

Wortel adalah sumber serat yang menjadi macam sedap pada menu harian ibu hamil. Selainnya diproses sebagai makanan, wortel dapat diproses sebagai minuman dan digabung dengan jeruk atau buah-buahan lain hingga rasanya lebih fresh.


9. Alpukat

Alpukat adalah buah dengan gizi paling komplet. Selainnya memiliki kandungan folat, buah ini mempunyai kalium, mineral yang diperlukan badan untuk menolong mempertahankan kesehatan kandungan.


Susu bagus untuk ibu hamil dua bulan


10. Susu

Susu bisa menjadi sumber kalsium alami untuk ibu hamil dua bulan. Bila ibu sampai kekurangan kalsium, karena itu bayi akan ambil kalsium yang berada di tulang ibu. Mengakibatkan, ibu beresiko semakin tinggi alami osteoporosis.


11. Yogurt

Produk buatan susu dapat menjadi alternative lain untuk penuhi keperluan kalsium, supaya ibu tidak jemu dengan menu yang itu melulu. Pasti, untuk memperoleh faedah yang terbaik Anda perlu pilih yogurt tanpa gula. Untuk menambahkan rasa, tambah buah-buahan sebagai topping.


12. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sebagai alternative protein yang dapat menambahkan macam menu harian Anda. Kacang bisa juga jadi sumber protein khusus untuk ibu hamil yang jalani skema makan vegetarian. Disamping itu, kacang-kacangan dapat menjadi makanan pembasmi mual saat hamil dua bulan.


Roti gandum sehat untuk ibu hamil dua bulan


13. Gandum utuh

Gandum utuh yang teradapat pada roti gandum, pasta gandum, dan sereal baik sekali dimakan ibu hamil dua bulan, sebab bisa memberi konsumsi serat yang ideal. Selainnya dapat menahan konstipasi, serat akan menolong menahan wasir atau ambeyen pada ibu hamil.


14. Buah bit

Buah bit adalah sumber zat besi alami. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai sisi dari salad atau di minum berbentuk juice. Saat memproses bit jadi juice, tidak boleh tambah gula terlalu berlebih. Bila ingin menambahkan rasa, tambahlah madu atau buah lain seperti jeruk atau apel.


15. Keju

Paling akhir, Anda bisa juga konsumsi keju sebagai makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan. Tetapi, lihat tipe keju yang hendak dimakan. Yakinkan Anda pilih keju yang telah lewat proses pemasakan dan sterilisasi, seperti keju mozarella atau cheddar.


Tipe makanan yang perlu dijauhi ibu hamil dua bulan

Supaya kandungan makin sehat dan menahan berlangsungnya kompleksitas kehamilan, ibu hamil perlu menghindar beberapa makanan yang beresiko memunculkan masalah pada kandungannya, sebagai berikut ini.


1. Daging hewan mentah atau 1/2 masak

Konsumsi daging mentah atau 1/2 masak, membuat ibu beresiko alami infeksi toksoplasmosis (infeksi parasit yang bisa mencelakakan janin). Hingga saat mengolah daging hewan, apa saja itu, yakinkan Anda mengolahnya sampai betul-betul masak, tanpa tersisa darah didalamnya.


2. Susu fresh yang tidak dipasteurisasi

Diambil dari Tommy's, susu dan produk buatan susu memang sehat untuk ibu hamil dua bulan, tetapi susu yang diartikan ialah yang telah lewat proses pasteurisasi. Susu fresh yang belum lewat proses pasteurisasi beresiko jadi makanan yang memiliki kandungan beragam parasit dan bakteri yang dapat beresiko untuk janin.


3. Telur 1/2 masak atau telur mentah

Telur 1/2 masak atau bahkan juga yang mentah, seharusnya tidak dimakan oleh ibu hamil dua bulan, karena ada bakteri salmonella yang memberikan ancaman. Salmonella menjadi pemicu beragam penyakit, satu diantaranya keracunan makanan.


4. Makanan laut tipe tertentu

Ibu hamil seharusnya batasi konsumsi ikan yang tinggi kandungan merkuri, seperti tuna dan salmon. Untuk konsumsi tuna dan salmon, awasi cuma 2 jatah tuna dalam satu minggu.


Kerang, tiram, atau makanan laut yang lain seharusnya tidak dimakan mentah, karena beresiko memacu keracunan makanan. Bila Anda ingin konsumsi seafood dan udang, hal itu masih bisa dilaksanakan sepanjang diolah sampai masak dan terbatasi janganlah sampai kebanyakan.


5. Alkohol

Konsumsi alkohol berlebihan sepanjang hamil dapat memacu beragam masalah pada janin, dimulai dari masalah perkembangan, cacat lahir. Bahkan juga, konsumsi alkohol oleh ibu hamil dapat memacu bayi lahir pada keadaan wafat.


6. Cafein

Cafein tidak seutuhnya dilarang untuk ibu hamil. Tetapi, ada batasan tertentu yang penting ditaati. Dalam satu hari, ibu hamil seharusnya tidak konsumsi lebih dari 200 mg cafein setiap harinya.


Sebagai deskripsi, segelas teh umumnya memiliki kandungan 75 gr cafein. Dalam pada itu, segelas kopi instant memiliki kandungan sekitaran 100 mg cafein. Kelebihan cafein dapat memacu keguguran dan bayi lahir dengan berat tubuh rendah.


Makanan sehat untuk ibu hamil dua bulan seharusnya dimakan tiap hari, dengan teratur. Jika Anda masih mempunyai pertanyaan sekitar makanan untuk ibu hamil dua bulan, tidak boleh sangsi untuk menanyakan sama dokter di program kesehatan keluarga Sehat dengan gratis. Dokter akan mereferensikan skema makan yang sehat sama sesuai keadaan Anda.


Posting Komentar untuk "BUAH YANG BAGUS UNTUK IBU HAMIL 2 BULAN"