Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerd Kambuh Di Malam Hari

 

Gerd Kambuh Di Malam Hari

Gerd Kambuh Di Malam Hari

pereda asam lambung cepat, obat sakit dada karena asam lambung, cara cepat mengatasi asam lambung naik ke dada, cara mengatasi perut perih karena asam lambung, cara menghilangkan sakit kepala karena asam lambung, cara mengatasi dada sesak akibat asam lambung, cara cepat sembuhkan asam lambung, obat batuk kering karena asam lambung, obat batuk alami karena asam lambung, asam lambung adalah obatnya

Pasien Gastroesophageal reflux disease (Gerd) barangkali sempat rasakan terjaga di tengah-tengah malam karena asam lambungnya naik.


Keadaan ini dapat muncul karena tiduran di atas yang datar secara gravitasi tidak mungkin makanan dan asam turun lewat tenggorokan ke mekanisme pencernaan.


Keadaan ini membuat asam jadi tergenangi pada tempat dan memunculkan merasa tidak nyaman.


Sebagian orang rasakan heartburn atau kesan seperti terbakar di dada. Kadang, pasien Gerd bisa juga rasakan seakan ada asam di pangkal leher.


Gerd Kambuh Di Malam Hari


Bila keadaan ini umum terjadi, kualitas tidur akan terusik dan selanjutnya mempengaruhi kualitas hidup keseluruhannya.


Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan sebagai penangkalan supaya Gerd tidak kumat saat tidur pada malam hari, salah satunya:


1. Berikan jarak di antara makan malam dan tidur


Menurut Dokter specialist penyakit dalam dan konselor gastroentero hepatologi, Dr dr Nella Suhuyanly SpPD-KGEH, berikan interval di antara waktu makan malam dan tidur minimal dua sampai tiga jam.


Makin berat tipe makanan yang dimakan saat makan malam, misalkan konsumsi Nasi Padang, karena itu jarak di antara waktu tidur dan makan agar lebih panjang, misalkan tiga sampai empat jam.


Gerd Kambuh Di Malam Hari


2. Kunyah makanan secara perlahan-lahan


Saat makan, yakinkan kunyah makan secara perlahan-lahan dan prima, dan jauhi makan tergesa-gesa.


Bahkan juga saat makanan yang dimakan telah halus, proses pengunyahan masih diperlukan.


"Karena di saat proses kunyah telah menyiapkan lambung memproses makanan. Jadi di saat kunyah, enzim telah bekerja."


"Tetapi jika langsung ditelan, tidak ada enzimnya. Itu yang buat perut jadi tidak nikmat, makanan seperti tidak diolah," katanya dalam Instagram Live bersama Eka Hospital BSD, Selasa (2/3/2021).


3. Sikap tidur 1/2 duduk


Untuk kurangi peluang asam lambung naik balik ke tenggorokan saat tidur, penting untuk mengendalikan sikap tidur supaya 1/2 duduk.


Tetapi ingat, status 1/2 duduk bukan memiliki arti menyimpan semakin banyak bantal di bawah leher.


Nella menyarankan menyimpan satu bantal di bawah pinggang dan dua bantal di bawah punggung.


"Jadi tempatnya 1/2 duduk. Itu akan menolong untuk kurangi keluh kesah Gerd larut malam," katanya.


4. Makan jatah kecil


Lebih bagus makan lebih dari 3x satu hari tetapi pada jatah kecil dibanding cuman makan 3x satu hari tetapi pada jatah besar.


Gerd Kambuh Di Malam Hari


5. Stop merokok


Merokok dapat mengakibatkan kemampuan katup di tenggorokan menyusut ataupun lebih kendur. Keadaan ini selanjutnya dapat jadi memperburuk keadaan Gerd.


6. Menghindar baju ketat


Menurut Healthline, hal yang lain dapat dilaksanakan untuk menahan Gerd kumat saat tidur ialah menghindar baju ketat, khususnya di tempat pinggang.


7. Berjalan rileks


Sesudah makan malam, upayakan jalan-jalan enteng atau melakukan aktivitas untuk menolong percepat proses pencernaan dan kurangi resiko asam lambung naik ke tenggorokan saat tidur.


Gerd Kambuh Di Malam Hari


Penyembuhan


Pada umumnya, penyembuhan untuk gempuran refluks asam enteng diantaranya:


- Konsumsi obat yang dipasarkan bebas untuk menangani heartburn. Untuk kasus Gerd yang lebih serius, konsultasilah sama dokter untuk memperoleh resep obat yang tepat.

- Menghindar minuman dan makanan penyebab tanda-tanda Gerd, seperti alkohol, minuman mengandung kafein, makanan pedas, buah-buahan sitrus, tomat, bawang, cokelat, sampai makanan berminyak dan dimasak.

- Tulis tanda-tanda yang muncul untuk ketahui minuman atau makanan apa yang kemungkinan jadi penyebab hingga dapat dijauhi. Begitupun bila pemicunya bukan makanan.

- Ketahui efek obat yang dimakan. Karena, siapa tahu obat itu berperan pada refluks asam atau tanda-tanda Gerd yang lain.

- Kurangi depresi.

- Jaga berat tubuh sehat. Kegemukan dan berat tubuh berlebihan dapat mempengaruhi frekwensi alami refluks asam.


Gerd yang tidak diobati dapat berbuntut pada kompleksitas serius. Karena itu, coba mengaplikasikan panduan penangkalannya supaya Gerd tidak kumat saat tidur.


Jika alami keluh kesah yang serupa walau telah lakukan beberapa usaha penangkalan, bicaralah sama dokter untuk memperoleh pengatasan yang tepat.


Gerd Kambuh Di Malam Hari




Posting Komentar untuk "Gerd Kambuh Di Malam Hari"