Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Asam Urat Dan Pantangannya

Ciri-ciri Asam Urat Dan Pantangannya


Pemahaman Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat sebagai keadaan yang bisa mengakibatkan tanda-tanda ngilu yang tidak tertahan, bengkak, dan ada rasa panas di tempat sendi. Semua persendian di badan beresiko terserang asam urat, tapi persendian yang tersering diserang ialah jemari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jemari kaki. Biasanya, penyakit asam urat dapat gampang serang pria, terutamanya mereka yang berumur di atas 30 tahun.


Pada wanita, penyakit asam urat ini bisa ada sesudah terserang menopause. Merasa sakit yang dirasakan penderita asam urat bisa berjalan sepanjang kurun waktu 3-10 hari, dengan perubahan tanda-tanda yang demikian cepat dalam beberapa saat pertama. Kerap kali orang salah mengerti dan menyamai penyakit asam urat dengan rematik. Walau sebenarnya, rematik ialah istilah yang memvisualisasikan merasa sakit pada sendi atau otot yang alami infeksi.


Pemicu Penyakit Asam Urat

Lewat cara natural, asam urat sebagai senyawa yang dibuat oleh badan untuk mengurai purin. Purin sebagai zat alami yang mempunyai fungsi-fungsi penting untuk badan. Dimulai dari atur perkembangan sel sampai sediakan energi. Nanti, saat telah usai dipakai badan, asam urat akan dibuang lewat urine.


Tetapi, kadang badan bisa hasilkan kebanyakan asam urat atau ginjal alami masalah hingga keluarkan terlampau sedikit asam urat. Saat ini terjadi, asam urat bisa menimbun, membuat kristal urat tajam seperti jarum di persendian atau jaringan disekelilingnya yang mengakibatkan merasa sakit, infeksi, dan bengkak.


Factor Resiko Penyakit Asam Urat

Ada faktor-faktor yang bisa memacu kenaikan kandungan asam urat pada darah seorang, diantaranya:

  • Mempunyai keluarga yang menderita asam urat.
  • Barusan alami cidera atau pembandinghan.
  • Kerap konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, seperti daging merah, dalaman hewan, dan beberapa macam sajian laut (misalkan teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Kerap konsumsi minuman mengandung alkohol dan minuman tinggi gula.
  • Mempunyai keadaan klinis tertentu misalkan diabetes, masalah sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, cholesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan kegemukan.

Tanda-tanda Penyakit Asam Urat

Ada banyak tanda-tanda penyakit asam urat yang biasa terjadi, salah satunya:

  • Persendian tiba-tiba sangat terasa sakit.
  • Kesusahan untuk jalan karena sakit yang mengusik, terutamanya pada malam hari.
  • Ngilu akan berkembang secara cepat dalam beberapa saat dan dibarengi ngilu luar biasa, bengkak, rasa panas, dan ada warna kemerahan di kulit persendian.
  • Saat tanda-tanda berkurang dan lebam juga mengempis, kulit disekitaran persendian yang terserang akan terlihat bersisik, terkupas dan berasa gatal.
  • Walau tanda-tanda penyakit ini dapat berkurang sendirinya, tetap harus dilaksanakan penyembuhan untuk menahan resiko kumat dengan tingkat tanda-tanda yang bertambah.

Analisis Penyakit Asam Urat

Untuk pastikan apa tanda-tanda tertentu sebagai tanda-tanda penyakit asam urat ataulah bukan, dokter akan lakukan langkah-langkah analisis. Dokter kemungkinan lakukan banyak hal, seperti bertanya kisah penyakit pasien, berapa kerap tanda-tanda ada, dan mengecek lokasi persendian yang sakit. Disamping itu, ada pula pengecekan kelanjutan yang hendak dilaksanakan untuk pastikan analisis, diantaranya:

  • Test darah. Test ini diperuntukkan untuk menghitung kandungan asam urat dan kreatinin pada darah. Orang yang menderita asam urat mempunyai kreatinin sampai 7 mg/dL. Tetapi, test ini tidak selamanya pastikan penyakit asam urat, karena sebagian orang dijumpai berkadar asam urat tinggi, tapi tidak menderita penyakit asam urat.
  • Test urine 24 jam. Proses ini dilaksanakan dengan mengecek kandungan asam urat dalam urine yang dikeluarkan pasien sepanjang 24 jam paling akhir.
  • Test cairan persendian. Proses ini akan ambil cairan sinovial pada persendian yang dirasa sakit, selanjutnya akan dicheck di bawah mikroskop.
  • Test pencitraan. Pengecekan photo rontgen akan dilaksanakan buat ketahui pemicu radang pada persendian. Dalam pada itu, USG bisa juga dilaksanakan untuk mengetahui kristal asam urat pada persendian.

Penyembuhan Penyakit Asam Urat

Penyembuhan Penyakit Asam Urat dilaksanakan dengan pemberian obat asam urat. Tetapi, pemberian obat asam urat ini akan disamakan dengan tingkat keparahan penyakitnya. Beberapa obat yang diberi berperan untuk menurunkan ngilu sekalian menahan gempuran asam urat di periode kedepan. Beberapa obat untuk menurunkan ngilu asam urat diantaranya:

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin (Bufferin), ibuprofen (Advil, Motrin), dan naproxen (Aleve).
  • Colchicine (Colcrys, Mitigare).
  • Kortikosteroid.


Dalam pada itu, beberapa obat yang berperan untuk menahan gempuran asam urat mencakup:

  • Inhibitor xanthine oksidase, seperti allopurinol (Lopurin, Zyloprim) dan febuxostat (Uloric).
  • Probenesid (Probalan).


Selainnya pemakaian beberapa obat, dokter akan mereferensikan peralihan pola hidup. Ini mempunyai tujuan untuk menolong mengurus tanda-tanda asam urat sekalian kurangi resiko gempuran asam urat di masa datang. Berikut beberapa peralihan pola hidup itu:

  • Turunkan konsumsi alkohol.
  • Turunkan berat tubuh, bila kamu berat badan yang berlebih.
  • Stop merokok, bila kamu sebagai perokok.


Kompleksitas Penyakit Asam Urat

Tanpa pengatasan yang pas, penyakit asam urat bisa memacu berlangsungnya beragam jenis kompleksitas. Berikut beberapa resiko kompleksitas itu:


1. Timbulnya Tofi

Tofi ialah kelompok kristal urat yang tercipta karena penimbunan asam urat, dan dapat mengalami perkembangan pada sendi dan tulang riskan. Kristal yang mengeras ini bisa mengakibatkan tonjolan dengan beragam ukuran tercipta pada bagian badan. Misalkan seperti jemari dan tangan, pergelangan kaki, siku, sampai telinga. Walau tofi umumnya tidak menyakitkan, tetapi keadaan ini bisa mengakibatkan kerusakan persendian.


2. Kerusakan Persendian

Asam urat akut bisa mengakibatkan bengkak persendian dan infeksi akut. Ke-2 nya pada akhirannya beresiko memunculkan kompleksitas berbentuk kerusakan persendian.


3. Penyakit Batu Ginjal

Penderita asam urat mempunyai kenaikan resiko terserang batu ginjal. Karena, kandungan asam urat yang tinggi bisa mengakibatkan kristal asam urat terkumpul di aliran kemih dan membuatnya batu ginjal.


Penangkalan Penyakit Asam Urat

Beberapa peralihan pola hidup dipercaya bisa menolong turunkan resiko penyakit asam urat, yakni:

  • Minum banyak air untuk menolong ginjal berperan lebih bagus dan menghindar dehidrasi.
  • Olahraga dengan teratur untuk jaga berat tubuh yang sehat. Karena, berat tubuh extra tingkatkan asam urat pada tubuh dan memberikan semakin banyak penekanan pada sendi.
  • Menghindar pemakaian beberapa obat tertentu. Misalkan seperti beberapa obat yang memiliki sifat diuretik atau imunosupresan.
  • Batasi konsumsi minuman dan makanan yang mempunyai kandungan zat purin tinggi. Misalkan seperti daging merah, minuman mengandung alkohol, sampai minuman dan makanan tinggi fruktosa.
  • Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah yang mempunyai anti-oksidan tinggi.


Kapan Harus ke Dokter?

Bila kamu rasakan gejala-gejala asam urat yang tidak juga lebih baik, seharusnya cepatlah memeriksa diri ke dokter. Pengatasan yang cepat dan pas akan menghindari kamu dari beragam kompleksitas serius.


Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Asam Urat Dan Pantangannya"